header ads
Dempo Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan, Web: www.mtsalfalah.sch.id, Email: mtsalfalahdempobarat@gmail.com, Kode Pos: 69356

Skrining Kesehat

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan melalui Puskesmas Kecamatan Pasean pada hari ini Sabtu, 05 November 2022 bertempat di halaman Pondok Pesantren Sumber Baru Al-Falah Dempo Barat bagian putri menggelar skrining kesehatan kepada seluruh santri PP. Sumber Baru Al-Falah baik putra maupun putri.
Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara PP. Sumber baru Al-Falah bersama Puskesmas Kecamatan Pasean,  "Hal ini merupakan bentuk perhatian lembaga terhadap  kesehatan para santri, itu sangat penting dan harus segera ditangani. Disamping itu dengan adanya Skrining kesehatan diharapkan kita dapat mendeteksi sejak dini kondisi kesehatan para santri" sambung Ustadz Suwarso, M.Pd.I selaku ketua Pengurus PP. Al-Falah. 
Sebelumnya Puskesmas Pasean bersama PP. Al-Falah  juga sudah bekerjasama dengan penyerahkan kartu berobat secara gratis, kartu ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh santri dan juga pedidik yang ada dibawah naungan PP. Sumber Baru Al-Falah dengan ketentuan santri wajib mengisi data diri pada kartu tersebut untuk kemudian dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat, untuk wilayah Dempo Barat dibawa ke Pustu Desa.
Kegiatan ini disambut antusias oleh seluruh santri lebih-lebih cuaca saat ini kurang bersahabat kerena memasuki musim pancaroba (peralihan) yang rawan sekali bagi santri mengalami masalah kesehatan.
Skrining dilakukan kepada seluruh santri satu persatu secara estafet, pertama para santri menjawab beberapa pertanyaan yg sudah dibagikan kepada seluruh satri lanjuk cek tensi darah, kemudian dilakukan penimbangan berat badan, selanjutnya pengukuran tinggi badan. Pemeriksaan berlangsung tertib dan aman karena setiap santri mendapatkan nomor urut antrian.
Salah satu wali santri Moh. Sultan, S.Pd.I yang sempat berada di lokasi juga memberikan tanggapannya "Alhamdulillah, saya sebagai wali melihat kegiatan ini merasa lega dan tidak khawatir lagi dengan keberadaan anaknya di pondok. Mengingat akhir-akhir ini banyak santri yang sakit, dengan adanya kegiatan ini kesehatan para santri di pondok dapat terjamin " tuturnya..
SoraTemplate