header ads
Dempo Barat Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan, Web: www.mtsalfalah.sch.id, Email: mtsalfalahdempobarat@gmail.com, Kode Pos: 69356

AL-FALAH AWARD 2017

AL-FALAH AWARD 2017
Apresiasi Tanpa Diskriminasi
Oleh: Saden Gooner
Selayang Pandang


 Sebagai salah satu pondok pesantren terbesar di bagian wilayah utara Pamekasan, Pondok Pesantren Sumber Baru Al-Falah Dempo Barat melaksanakan satu kegiatan spektakuler yang bertajuk “Al-Falah Award 2017”. Pagelaran ini dilatar belakangi oleh kajian Dewan Ma’hadiyah dan Madrasiyah (DMM) dengan pengamatan yang mendalam dan menyeluruh terkait dengan proses pendidikan berikut pelaksanaannya pada setiap jenjang yang ada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Falah.Berdasar dari kajian itulah kemudian DMM memutuskan untuk melaksanakan kegiatan yang bisa memacu adrenalin seluruh peserta didik tanpa terkecuali untuk bersaing secara sportif guna menjadi yang terbaik pada setiap event yang dilombakan.
Momentum ini dimaksudkan agar seluruh peserta didik betul-betul terakomodir sehingga semuanya memiliki kesempatan yang sama rata tanpa diskriminasi sama sekali. Siapapun diantara mereka berhak untuk menjadi yang terbaik dan mendapatkan apresiasi dari Pondok Pesantren Sumber Baru Al-Falah. Selain mendapat perhatian dan mendapat respon positif dari berbagai pihak, momentum ini juga menepis tudingan dari sebagian oknum yang menganggap bahwa Al-Falah telah berbuat kurang adil terhadap peserta didik yang hanya mendelegasikan siswa-siswi tertentu saja dalam setiap event lomba eksternal.


Pengertian Istilah Award

Award adalah penghargaan yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok orang untuk mengenali keunggulan dalam bidang tertentu. Penghargaan sering ditandai oleh piala, buku, sertifikat, plakat, medali, badge, pin, atau Pita. Penghargaan juga bernilai yang diberikan kepada penerima, misalnya, Nobel untuk kontribusi kepada masyarakat atau Pulitzer Prize untuk sastra prestasi.
Award (noun) is something given for victory or superiority in a contest or competition or for winning a lottery. Award (verb) it means give, especially as an honor or reward. (https://www.artikata.com/arti-13365-award.html)
In this case, Al-Falah Award dapat diartikan sebagai penghargaan yang diberikan oleh Lembaga Al-Falah kepada siswa atau siswi the best three dari sekian jenis lomba yang digelar.




Positive Efffect Bagi Peserta Didik
Antusiasme tinggi dari peserta didik dalam mengikuti ajang Al-Falah Award 2017 betul-betul memenuhi ekspektasi banyak pihak. Siswa dan siswi telah membuktikan diri bahwa mereka sudah berusaha maksimal untuk bersaing mendepak rival demi menjadi yang terbaik. Akurasi jawaban dari sekian soal masing-masing pelajaran secara umum dijawab mumtaz. Ini merupakan indikasi nyata bahwa daya tarik peserta didik dalam ajang ini sungguh luar biasa. Dan inilah sesungguhya yang menjadi salah tujuan utama digelarnya ajang Al-Falah Award 2017 ini, yaitu meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa dan siswi dari semua jenjang di bawah naungan Pondok Pesantren Sumber Baru Al-Falah.
 



Respon Wali dan Masyarakat
Salah satu ukuran bahwa kegiatan Pondok Pesantren Al-Falah itu sesuai dengan kebutuhan lokal dan bisa diterima oleh masyarakat adalah respon dari wali murid dan masyarakat sekitar. Dan dalam bahasan ini, Al-Falah Award menjadi topik utama yang diperbincangkan oleh masyarakat sekitar dan sebagian besar wali murid. Secara umum, masyarakat memandang bahwa ajang ini sangat penting dan harus diperahankan bahkan kalau bisa dikembangkan. Informasi ini didapat dari berbagai sumber yang informannya adalah guru dan simpatisan yang tersebar di beberapa wilayah berbeda.







SoraTemplate